Artikel Cantikku

Berbagi Pengetahuan Seputar Dunia Wanita

Cara Alami Menambah Tinggi Badan

Cara Menambah Tinggi Badan
Memiliki tubuh yang ideal adalah dambaan setiap orang. Tapi, tentu tak semua orang mempunyai bentuk tubuh yang ideal.

Cara Alami Meninggikan Badan Di Masa Pertumbuhan

Masa-masa antara 13-19 tahun adalah masa pertumbuhan baik fisik maupun mental. Di masa ini tulang masih bisa tumbuh memanjang maupun mengeras. Sedang untuk usia di atas itu pertumbuhan tulang hanya mengeras dan selanjutnya di usia tua akan semakin rapuh.

Nah, jika usia kamu masih dalam pertumbuhan, manfaatkan itu untuk mengoptimalkan pertumbuhan kalian. Mungkin ada di antara kalian yang notabene masih dalam usia pertumbuhan, tapi tinggi badannya cenderung lebih pendek dari teman-temannya.

Simak tips berikut, semoga bisa menjadi referensi atau minimal menambah wawasan anda :

Cara alami meninggikan badan secara efektif


  1. Perbanyak olahraga (sport) dan aktifitas berdiri. Olahraga yang baik untuk menambah tinggi badan diantaranya basket, berenang, loncat tali dan lain-lain.
  2. Cukupi asupan nutrisi (nutrition) dan vitamin. Gizi yang cukup akan sangat membantu. Kalau bisa usahakan mengonsumsi 4 sehat 5 sempurna tiap hari. Atau kalau nggak setidaknya selalu sediakan menu sayuran terutama yang mengandung zat besi dan kalsium dalam menu makanmu. Seperti bayam, sawi dan lain-lain.
  3. Minum susu berkalsium. Minum susu segar atau susu alami baik juga atau kalau nggak beli susu berkalsium tinggi (high calsium) yang banyak dijual di swalayan terdekat.
  4. Istirahat yang cukup. Beraktifitas memang baik bagi kesehatan tapi jika berlebih malah nggak baik nantinya. Usahakan tidur 8 jam sehari, dan hindari begadang.
  5. Perbanyak referensi cara meninggikan badan dari berbagai sumber yang terpercaya tapi awas tertipu dengan produk peninggi badan palsu.
  6. Konsumsi obat peninggi badan secara teratur sesuai dengan dosis yang dianjurkan.


Cara Alami Meninggikan Badan Setelah Masa Remaja

Cara alami meninggikan badan diatas umur 21 sebenarnya masih bisa kita lakukan. Pengetahuan kita selama ini pertumbuhan tulang orang dewasa terhenti diusia 21 keatas. Tapi, sebenarnya dengan mengkombinasikan asupan makanan, latihan fisik dan tidur teratur anda masih berkesempatan untuk menambah tinggi badan sampai usia 30 tahun.

Cara alami meninggikan badan selepas masa remaja, masih memungkinkan seseorang tumbuh paling sedikit 2-4 inci atau 5-10 sentimeter secara alami.

Cara alami meninggikan badan dengan melakukan latihan-latihan untuk tujuan memaksimalkan tinggi badan. Latihan ini berfungsi untuk mendorong pertumbuhan, memperpanjang tulang belakang, meningkatkan fleksibilitas, dan memperkuat oto-otot perut.


  • Lari cepat jarak pendek (sprint). Latihan ini bermanfaat meningkatkan pelepasan hormon pertumbuhan. Penekanan pada otot kaki selama latihan berdampak pada pemanjangan tulang dan otot. Tetapi jangan terlalu sering melakukannya karena dapat menyebabkan pembengkakan pada otot dan tendon. Sprint dianjurkan pada permukaan alami seperti lantai atau rumput, bukan beton.
  • Menendang. Berdiri dengan kaki lebar dan angkat satu kaki kemudian lakukan tendangan. Ulangi minimal 20 tendangan pada satu kaki dan kemudian beralih ke kaki yang lain. Lakukan latihan ini selama 20 kali, karena dapat memperpanjang tulang kering dan paha.
  • Lompat. Berdirilah di depan bangku atau tangga setinggi kaki. Untuk memulai, lompat dengan satu kaki dalam sepuluh hitungan. Lalu, ulangi dengan kaki lain. Lakukan gerakan melompat hingga tiga kali. Anda bisa beristirahat di sela latihan.
  • Bersepeda. Gerakan mengayuh sepeda membuat jari kaki terus mencapai pedal. Ini merupakan peregangan yang bisa membuat kaki lebih panjang. Lakukanlah selama sekitar 10-15 menit. Anda juga dapat menggunakan sepeda statis atau stationary cycle.
  • Berenang. Olahraga satu ini memang sangat efektif untuk membuat tubuh fit dan lebih fleksibel. Lakukan renang gaya dada dan lakukan minimal 20 menit.
  • Lompat tali. Latihan ini sangat menyenangkan, apalagi jika Anda sambil mendengarkan musik menghentak. Lakukan sebanyak 300 kali setiap hari.
  • Berayun. Gunakan penahan atau ambang pintu yang tinggi. Anda dapat membelinya di toko peralatan olahraga. Awali posisi dengan berdiri lalu biarkan t ubuh berayun. Posisi kaki bisa lurus atau ditekuk, buatlah tubuh senyaman mungkin. Lakukan gerakan ini setidaknya 10 kali dalam sehari.
  • Free Hand. Berdirilah tegak dalam ruangan yang luas dan tarik napas dalam-dalam. Angkat tangan letakan di tingkat bahu, lalu dorong tangan sejauh mungkin dan lepaskan napas. Ulangi 8 -10 kali. Tarik napas dan kembali memosisikan tangan. Lalu, angkat tumit sambil berdiri jinjit, hembuskan napas, ulangi 80-10 kali. Tarik napas dan angkat lengan terentang di atas kepala. Lalu ayunkan ke dalam dengan arah melingkar dan buang napas. Ulangi 80-10 kali.

Cara alami meninggikan badan dengan memilih latihan yang paling sesuai bagi anda dan lakukan secara teratur dibarengi dengan asupan gizi dan istirahat yang cukup, semoga mendapatkan hasil seperti yang anda idamkan.


Sumber : vivanews.com
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Perawatan Tubuh / Perawatan Wanita dengan judul Cara Alami Menambah Tinggi Badan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://artikelcantikku.blogspot.com/2011/12/cara-alami-menambah-tinggi-badan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Heru Sigit Sugiyanto -